Senin, 31 Oktober 2011








Perjanjian Cara Membaca yang Dipakai di Halaman "Belajar Bahasa Korea" Ini

Penulisan alfabet di sini berbeda dengan di tempat lain. ^^

  1. Penulisan dengan alfabet merupakan cara membaca, bukan cara menulis. Huruf hangul punya beberapa aturan membaca yang menyebabkan cara membaca berbeda dengan cara menulis. Untuk cara menulis, lihat hangul-nya. Untuk cara membaca, lihat alfabetnya. OK?
  2. Di tempat lain (termasuk di Korea hehe), huruf 애 ditulis ae. Tetapi di sini, ditulis E (huruf E besar). Cara bacanya, buka mulut besar dan katakan e. Mulut besar e = E besar.
  3. Di tempat lain, huruf 어 ditulis eo. Tetapi di sini, ditulis O (huruf O besar). Cara bacanya, buka mulut besar, dan katakan o. Mulut besar o = O besar.
  4. Di tempat lain, huruf 으 ditulis eu. Tetapi di sini, ditulis U (huruf U besar). Cara bacanya seperti e dalam kata "besar", tetapi lebih dekat ke bunyi U. Oleh karena itu... U besar. ^^
  5. Jadi: ae = E, eo = O, eu = U
  6. Alasannya karena nggak suka penulisan satu bunyi dengan 2 huruf. ^^
  7. Huruf ㄱㄷㅂㅈ G, D, B, J di awal kalimat sebenarnya dibaca K, T, P, C (tidak luluh). Di tempat lain, hal ini diabaikan. Misalnya: Gamsa hamnida. (=Terima kasih). Sebenarnya yang betul dibaca "kamsa hamnida". Karena itu di halaman ini ditulis cara bacanya yaitu "kamsa hamnida". 
  8. ㄱ ㄷㅂㅈ jika dibaca dengan jeda, meskipun ada di tengah kalimat, boleh dibaca K,T, P, C (tidak luluh). Jadi kadang-kadang di sini ditulis dengan huruf K,T,P,C, bukan G, D, B, J.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar