Rabu, 28 Desember 2011

[Radio Super Junior] “We’ve had two hard years but … now it’s our playground”




Setiap hari dari jam 8 malam sampai sampai hari berikutnya jam 2 pagi adalah dunia untuk Super Junior, dimana mereka mempunyai 3 acara radio. Dari jam 8 – 10 malam adalah SBS’s Kim Heechul’s Youngstreet, kemudian tongkat marathon diteruskan KBS 2FM’s Super Junior’s Kiss the Radio dari jam 10 sampai tengah malam. Dan yang terakhir adalah Shindong. Dia memecahkan kesunyian dari tengah malam sampai subuh dengan acara radio MBC standard FM’s “Shindong dan Kim Shinyeong’s Shimshimtapa”, dimana dengan energi yang tersisa memenangkan pertandingan marathonnya.
Mereka memegang peranan yang penting. Leeteuk dan Eunhyuk yang sudah menjadi pembawa acara program radio tersebut selama 3 tahun 8 bulan memegang sebua rekor diantara para DJ dari idola-idola penyanyi. Bertahan sampai 2010 ini sampai staff-staff di radio KBS ini sampai musim semi terus berubah-ubah, mereka memperoleh sebuah rekor baru tentang hal ini.
Mereka bukan seorang idola yang selalu mencari sesuatu yang baru, mereka belum menyerah dengan apa yang sudah diklasikfikan sebagai “old media” (Old media = radio broadcasting.). Kami menemukan sebuah keceriaan dan kisah sedih dibalik cerita anggota Super Junior, yang telah memegang philosophy “going where other groups don’t go” (pergi ke tempat dimana grup yang lain tidak pergi kesana) sejak debut mereka di tahun 2005.
Bagaimana menurut pendapat kalian daya tarik dari sebuah radio??
Leeteuk: Ada beberapa orang yang menyebut TV sebagai “idiot box” karena banyak orang yang sering menontonnya, tertawa dan menikmati diri  mereka sendiri. Di lain pihak, di radio, dari DJ dan pendengar berbagi pikiran mereka, beda dengan TV, mereka bisa berpartisipasi di lahan yang lebih luas.
Shindong: Mereka hampir sama, tapi dengan radio, lebih dari TV, hubungan antara DJ dengan pendengar lebih penting. Jika respon datang dengan cepat maka tandanya itu bagus. Ketika kamu men-DJ kamu akan mendapatkan pelajaran yang banyak.

Apa alasan kalian bahwa anggota Super Junior banyak menerima perhatian dibanding grup idola yang lainnya?
Leeteuk: Kebanyakan dari kami terlibat di beberapa variety show jadi kami mendapatkan imej sebagai seorang yang kocak dan pintar berbicara. Aku pikir kami mempunyai banyak anggota yang bertalenta, dan kami banya preferensi dalam siaran
Eunhyuk: Pesona dari sebuah radio adalah keterbukaan. Jika kamu mendengarkan dalam volume yang besar bahkan kamu bisa mendengar suara bisikan. Tapi jika dibanding oleh idola anggota yang lainnya, anggota Super Junior terlihat sangat ramah dan imej yang jujur sejak kami debut, maka itu lebih menarik.

Tapi ada prasangka tentang seorang DJ yang awalnya menjadi seorang idola. Ada beberapa orang mengatakan bahwa karena mereka para idola yang menjadi DJ masih sedikit pengalamannya, para pendengar mungkin suka dengan cerita mereka yang blak-blakan dan mungkin juga mereka akan memperlakukan idola tersebut tanpa ada rasa hormat. Apakah kalian pernah punya pengalaman seperti ini dimana kamu dipandang seperti orang yang tidak bisa dipercaya? Bagaimana kalian mengatasinya?
Leeteuk: Banyak penyanyi yang dari latar belakangnya seorang idola mendapatkan banyak kritik karena pengalaman kami. Walau begitu kami berusaha  untuk selalu membaca buku dan mencari-cari bahan melalui internet maka itu kami bisa memperbaiki hal disana sini. Yang paling penting adalah berpikir “Masih banyak hal yang masih belum aku ketahui” dan aku mencari jalan keluar untuk memperbaikinya

Leeteuk dan Eunhyuk’s KBS 2FM’s “Super Junior’s Kiss the Radio”, “Kim Heechul’s Youngstreet” dan Shindong and Kim Shinyoung’s MBC Standard FM’s “Shindong and Kim Shinyoung’s Shimshimtapa”, “Super Junior Kiss the Radio” adalah acara radio terlama yang dibawakan oleh seorang idola. Apa rahasia kalian?
Leeteuk: Mungkin karena kami berdua melakukannya bersama maka tidak pernah terjadi situasi yang tidak diinginkan. Contohnya jika Eunhyuk sakit, aku akan bekerja lebih keras sedikit, dan jika pinggangku sakit lalu aku akan beristirahat sebentar, Eunhyuk yang akan menggantikanku

Kalian tayang setiap minggu, 5 kali seminggu. Dan juga ke-4 orang dari kalian akan tayang dari pukul 8 sampai tengah malam, dan karena kalian masih muda pastinya kalian menikmati waktu-waktu tersebut, apakah ada waktu dimana kalian tidak menyukainya?
Shindong: Sejujurnya, ketika aku sedang di radio, aku sedikit jauh dari teman-temanku. Walaupun aku selesai jam dua pagi, itu adalah waktu dimana orang-orang sebenarnya sudah pulang , tapi masih ada beberapa teman yang masih bangun sampai tengah malam, jadi itu tidak apa-apa. Kami sering menelepon satu sama lain jika sedang berada di radio.

Pasti nanti ada waktu dimana kamu ingin berhenti dari radio?
Leeteuk: Beberapa sunbaes, termasuk Danny hyung, pernah bilang bahwa setelah dua tahun nge-DJ pasti selalu ada sebuah krisis dan setelah 2 tahun lewat merasa ingin keluar. Nge-Dj terkadang melelahkan dan selalu harus datang setiap hari kadang-kadang itu adalah suatu beban. Jika kamu sedang siaran radio, walaupun itu hanya rekaman, faktanya sedikit ada tekanan. Walaupun kadang-kadang juga menjalani sebuah acara radio sedikit beban, tapi 3 tahun sudah lewat dan kami merasa ini sudah menjadi lahan kami untuk bermain
Heechul: Jika membawakan suatu acara dengan caramu sendiri, jika kamu akan terkena demam atau flu, maka akan sangat sulit. Jika dalam situasi sedang batuk-batuk, suaramu akan tidak enak di dengar oleh pendengar, jadi kamu harus tetap batuk dan bilang “Maafin ya”. Walaupun dalam 3 detik kamu tidak bisa berbicara tapi itu adalah masalah yang besar untuk sebuah acara radio, dan ketika badan kamu sedang sakit itu malah lebih parah. Maka itu jika kamu merasa rasa batuk sedang terasa “kamu harus tertawa sambil diam-diam batuk sampai rasa batuknya tidak terasa lagi” dan itu sangat sulit. Tapi jika ada sebuah cerita sedih, kamu tidak boleh tertawa sambil batuk maka kamu sedang berada di situasi yang sulit

Sudah menjadi sebuah tren dimana kalian berdua nge-DJ di sebuah acara radio. Di dalam kasus Heechul, kamu siaran dengan caramu sendiri tapi tidak ada satupun artis yang kamu inginkan untuk siaran bersama?
Heechul: Anggota Trax Jay. Kami sangat dekat tapi dalama kasusku aku tidak terlalu pintar dalam menyimpan sesuatu jadi harus ada orang mengatur diriku. Aku tidak pernah mendengarkan orang lain tapi Jay dan Super Junior Donghae bisa mengatur diriku dengan baik jika sedang berada di situasi seperti itu. SNSD’s Jessica juga bisa mengaturku.

Ketika kamu sedang siaran radio, yang paling sulit waktu kapan?
Shindong: Sekarang ini Shinyoung noona tidak ada, jadi aku sedikit kesulitan. Awalnya karakter kami sangat berbeda jadi kami harus menyesuaikan kebiasaan kami masing-masing dimana waktu itu sangat sulit jadi aku khawatir, tapi ketika kami sama-sama siaran kami bisa bekerjasama dengan baik. Bahkan Shinyoung noona bisa menerima kesalahanku dengan baik. Kami bisa bekerja dalam satu harmoni jadi nantinya jika ada partner baru aku sedikit khawatir
Eunhyuk: Seorang penghibur harus mempunyai waktu untuk meningkatkan diri mereka sendiri tapi ketika kamu sedang siaran radio setiap hari waktunya otomatis menjadi lebih sedikit dan akan lebih sulit. Contohnya mempersiapkan album Super Junior tapi kami masih harus siaran radio setiap hati jadi agak sedikit sulit karena kurangnya waktu untuk mempelajari koregrafinya dan berlatih

Jika dari sisi Heechul, kamu berkompetisi dengan pendengar dari hoobae Taeyeon of SNSD’s “Chin Chin Radio”. Tidakkah sedikit menyulitkan?
Heechul: Tidak juga. Aku tidak tahu perasaannya padaku seperti apa tapi secara pribadi aku tidak pernah peduli dengan yang namanya persaingan, mau itu di dalam siaran ataupun tampil di panggung. Itu karena aku percaya yang paling penting untuk diriku adalah aku ingin melakukannya secara bebas dan menyenangkan. Terkadang mengintervensi pekerjaan orang membuatku berada di dalam masalah. Jika aku bekerja keras dengan usaha yang bagus nanti hasilnya pun akan bagus dan jika aku tidak mencobanya lebih keras mungkin akan menyebabkan suatu masalah di dalam diriku. Karena aku berpikir seperti itu, aku mempunyai prinsip bahwa aku harus berkonsentrasi dengan masalahku sendiri dibanding harus mengurusi masalah orang lain.

Kalian pasti memperhatikan program orang lain. Apakah ada komentar diantara kalian ketika sedang membawakan acara radio?
Leeteuk: Siaran Heechul gayanya sangat terbuka. Pasti akan sangat menyenangkan untuk anak muda mendengarkannya.
Shindong: Kekuatan dari Heechul adalah dia tidak pernah menunjukkan rasa gugup. Bahkan ketika dia sedang siaran radionya sedang dalam program bora (Bora = Visible radio. When a video is taken or live stream is shown of what’s going on in the studio while a radio show is broadcast) seperti menonton sebuah TV dengan aspek yang dinamis. Jika dengan Leeteuk hyung dan Eunhyuk, mereka sangat pintar berbicara. Mereka bisa memperlakukan tamu mereka dengan sangat baik. Agak sedikit lebih keren.
Eunhyuk: jika dalam situasi Shindong hyung, energinya bersama dengan Kim Shinyoung sangat bagus jika mereka bekerjasama. Siaran tengah malam artinya kamu harus berpikir di luar kotak dan menjadi lebih tenang dan rileks, jadi ketika mendengarkan siaran mereka maka emosiku menjadi lebih baik dan itu sangat bagus
Heechul: Di Sukira, Leeteuk dan Eunhyuk mempunyai kelebihan yang aku tidak punya. Mereka mengatur siaran mereka dengan sangat bagus. Mereka bisa membawa suasana acara menjadi lebih santai. Jika dari aku, aku adalah pembicara yang sangat menarik tapi aku mudah meledak dan gampang sedih dan lain-lain jadi moodku akan mempengaruhi ruangan dan aku menjadi gelisah sendiri. Karena itulah aku berpikir “Aku bisa saja menjadi seorang tamu yang hebat, tapi bukan MC yang terbaik”. Tapi aku pikir orang-orang suka dengan Leeteuk karena dia cocok menjadi MC terbaik. Jika dalam kasus Shindong, dia bisa membuat para tamu nyaman. Walaupun si tamu atau pendengarnya menceritakan suatu cerita, dia akan selalu melakukan ad-libs dengan baik

MBC mengubah DJ mereka setahun sekali dalam satu hari. Di hari acara seperti itu, tanpa memperdulikan penyiar radionya, program yang ingin kalian ambil?
Heechul: Jika ada hari perubahan DJ, anggota Super Junior harus menjadi DJ -nya dan menjadi tamu di acara radio masing-masing anggota dan kita bisa saling berbicara satu sama lain. Leeteuk dan Eunhyuk bisa datang sebagai tamu, dan pada pukul 10 Leeteuk dan Eunhyuk menjadi Dj dan aku menjadi tamu di “Sukira”. Dan ketika siaran radio Shindong, anggota yang lainnya bisa datang menjadi tamu. Tapi sepertinya waktunya tidak akan mungkin ada (tertawa).

Apakah ada pendengar yang kamu ingat?
Eunhyuk: Di Sukira, ada seorang pasangan yang sudah menikah. Waktu siaran mereka mengaku saling cinta dan akhirnya menjadi seorang pasangan dan akhirnya sampai mendapatkan anak.
Leeteuk: Tahun lalu di siaran April Fools Day ada satu cerita dari seorang pendengar yang aku ingat. Di hari April Fools Day ketika guru matematika mereka datang ke kelas, semua murid di kelas meminta “Guru tolong lepas celana anda” lalu gurunya pun sangat malu tapi dia menyadari ada sebuah celana tergantung di papan tulis. Lalu muridnya bilang lagi “Guru tolong keluarkan p*nis Anda dari celana” lalu si guru bertambah rasa malunya dan akhirnya melihat sebuah pepper merah tergantung di papan tulis****. Cerita yang seperti diberitahu ketika sedang siaran secara live yang akhirnya membuat kami keringetan. Ketika kamu membawakan suatu acara, jika kamu membuat kesalahan dalam berkomentar ketika seseorang menceritakan yang vulgar, kamu akan mendapatkan sebuah sensor maka kamu harus lebih berhati-hati.
Shindong: Aku ingat seorang pasangan yang akan pergi untuk bulan madu.  Pasangat tersebut sedang melewati daerah Yeoido dan aku bilang “Datang saja kesini” dan akhirnya kami melakukan wawancara mendadak dan banyak pasangan yang menelepon.

Shindong dan Kim Shinyoung’s MBC Standard FM’s “Shindong and Kim Shinyoung’s Shimshimtapa”, “Kim Heechul’s Youngstreet” dan Leeteuk  Eunhyuk’s KBS 2FM’s “Super Junior’s Kiss the Radio”. Apakah kamu berpikir untuk mengubah akhiran dari Sukira? Ada beberapa pendengar yang bosan dengan ciuman selamat tinggal kalian?
Leeteuk: Kami melakukan itu karena nada program kami saja. Jika kamu tidak bisa mengubahnya maka bagus. Ada waktu dimana kami malu untuk melakukannya. Tapi karena ada beberapa pendengar yang mulai menyalakan radio mereka hanya untuk mendengar suara ciuman saja…. (tertawa)

Apakah ada Radio sunbaes yang menjadi role model kalian?
Leeteuk: Lee Geumhee sunbaenim. Dia banyak menirukan sesuatu. Dia bisa sangat memegang acaranya dan sangat bertenaga. Jika kamu mendengarkan radionya ketika sedang menyetir dan dia sedang siaran, kamu akan mendengar dia melakukan “One Story”. Suaranya sangat bagus dan lagu intronya pun sangat berbeda dari DJ-DJ yang lainnya dan sangat fresh.
Shindong: Aku mengagumi Choi Yangrak sunbaenim. Kata-kata yang sering dia gunakan di radio seperti “Anyway anyhow” sangat bagus. Dia bisa menggunakan di semua segmen. Sekali aku mencoba “That’s good”, jadi ketika aku menceritakan cerita yang sedih aku akan bilang “Yes, that’s good” dimana akan menjadikannya sebuah ambigu.

Dari sekarang ingin menjadi DJ seperti apa? Apa impian kalian sebagai seorang DJ?
Eunhyuk: Ketika aku masih muda aku berharap bisa membawakan program acara yang menarik seperti “Cult Show”. Tapi ketika bertambah tua aku ingin mencoba acara musik seperti “Bae Chulsoo’s Music Camp.”
Leeteuk: Sebelum aku pergi wamil dan bahkan setelah aku kembali lagi aku tetap ingin siaran radio. Aku sudah mendengarkan radio sejak dari kelas dua SD dan sepertinya radio sudah menjadi bagian dalam hidupku. Sejujurnya aku adalah orang yang melankolis. Oleh karena itu akan lebih cocok dengan kepribadianku jika aku bisa membawakan suatu acara musik di pagi hari
Shindong: Bahkan ketika aku tidak mendapatkan gold (MBC Radio’s 20 year hosting anniversary award), aku masih mendapatkan Bronze Mouse (untuk 10 tahun siaran).
Heechul: Aku ingin menjadi seorang DJ yang bisa berbicara sebenarnya dan apa adanya, tapi tidak melewati batas. Jadi aku ingin membuat acara radio yang orang-orang akan bilang bahwa hanya Kim Heechul-lah yang bisa membuat seperti ini. Ini adalah philosophy-ku.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar