Selasa, 27 Desember 2011

Surat Kyuhyun Untuk Hangeng



ini terjemahan dari surat yang ditulis kyuhyun buat hangeng. sebenernya dia nulis surat ini udah lama, udah dari awal2 bonamana. tapi gapapa ya baru ngeshare sekarang.. buat yang udah baca juga gapapa baca aja lagi ^^
WARNING: touching letter. bikin mewek :’(



Kyuhyun nulis surat ini setelah Hangeng keluar dari Super Junior
Dear hyung chineseku satu-satunya, Hankyung. Hankyung hyung, ini aku GameKyu-mu, DraKyu-mu, KyuMong-mu, dan 小13-mu (Little 13-mu). Dan baru-baru ini mendapat 2 nama panggilan baru, sekarang kamu juga bisa memanggilku SlideKyu atau DanceKyu. Apa kabarmu hyung? Apa kamu makan teratur? Kamu terlihat jauh lebih kurus dibanding terakhir kali aku melihatmu. Yang jelas kamu telah bersama-sama dengan kami lebih dari 5 tahun dan hampir 10 tahun dengan 11 hyung yang lain sejak masa training, jadi kurasa kamu pasti telah terbiasa dengan masakan Korea dan tiba-tiba kembali ke Cina, dan ya segalanya terasa berbeda sejak saat itu meskipun hanya suatu hal yang kecil. Hyung sudahkah kamu melihat Bonamana? Bonamana sangat sukses sekarang, sejauh ini kita telah mendapatkan 2 penghargaan juara pertama di Music Bank, kita akan meraih kesuksesan yang besar seperti yang sebelumnya dengan U, Don’t Don, dan Sorry Sorry juga kan?
Untukku, lagu-lagu itu memiliki arti yang berbeda. Pertama U, yang paling penting dan berarti untukku, ini lagu debutku sebagai bagian dari Korean idol boy band Super Junior yang hebat.
Ketika kita akan melakukan comeback stage dengan U, semua orang, terutama Teukie hyung memberi tahuku untuk tidak perlu khawatir dan nervous karena aku telah dianugerahi suara yang indah. Tapi tetap saja aku masih merasa sedikit nervous. Lalu ada satu kalimat yang membuatku sedikit lebih tenang, itu bukan dari orang lain, itu darimu, Hankyung hyung. Aku masih ingat sampai sekarang dan tidak akan pernah lupa walaupun itu sudah hampir 4 tahun lamanya. Apa kamu ingat yang kamu katakan padaku hyung? Setiap saat kita akan perform kamu mengatakan, “Jangan khawatir Kyu, jangan nervous Kyu, aku yakin kamu bisa melakukannya tanpa ada yang perlu ditakutkan. Aku sangat mengerti apa yang kamu rasakan sekarang, sama seperti saat pertama kali aku di sini dengan 11 yang lain. Dan ya dalam situasi seperti ini, kamu bahkan lebih baik dariku, karena kamu orang Korea sama seperti mereka. Tidak sepertiku. Jadi percaya dirilah.. Cho Kyuhyun hwaiting!!” Kalimat panjang ini selalu muncul di ingatanku, memberiku rasa percaya diri lebih, memberiku lebih banyak kekuatan. Sungguh, aku benar-benar berterima kasih hyung.
Lalu 2Jib (album kedua), kita meraih kesuksesan lagi dengan Don’t Don. Sejujurnya aku tidak mau membicarakan hal ini. Aku merasa sakit setiap kali memikirkan tentang keadaan itu. Aku sangat membenci dan menyukai keadaan itu di saat yang sama. Aku ingat itu adalah saat-saat terberat yang pernah kulalui seumur hidupku. Aku hampir menyerah, aku hampir menyerah dan pergi menjauh. Tapi segalanya berbeda karena kedua belas hyungku, termasuk kamu. Kalian tetap menyemangatiku, memberiku harapan yang lain, harapan untuk terus bertahan. Dan akhirnya, aku melaluinya! Tidak bukan hanya aku, tapi kita. Kita kembali dengan Super Junior Don’t Don comeback. Dan ya, kita semua pria pirang bersama dengan Sungmin hyung juga.
Aku, Kyuhyun, sangat berterima kasih pada kalian 12. Memutuskan untuk tidak meninggalkanku, memutuskan untuk menungguku tak peduli berapa lamanya itu. Dan aku sangat bangga pada diriku sendiri karena aku bisa melakukan Super Junior Stage (comeback stage) bersama kalian, meskipun aku hanya muncul kurang dari 1 menit. Tapi itulah yang kita sebut Super Junior Stage.
Selanjutnya 3Jib (album ketiga), Sorry Sorry. Kita telah membuat banyak lagu hit, memecahkan banyak rekor, dan memenangkan banyak penghargaan. Aku mengakui kalau aku dulu sedikit kecewa karena kita hanya berdua belas, hanya karena Kibum hyung ingin fokus di karir aktingnya. Kita tidak bisa menghentikannya, tapi harus mensupport dia. Kamu tahu, sangat tidak nyaman hanya melihat 12 kepala, 12 mic, 12 pasang sepatu, 12 set pakaian untuk perform, dan aku merasa terlupakan karena nomorku adalah 13. Setiap saat bersiap-siap untuk perform, Teukie hyung selalu menghitung untuk memastikan tidak ada member yang ketinggalan. Teukie hyung berteriak “1″ dan menunjuk dirinya, lalu Heechul hyung berteriak “2″ dan seterusnya sampai saat menunjukku, aku berteriak “12″ bukan “13″.
Tapi ada seseorang yang membantuku dengan mengatakan sebuah kalimat “Kyu, tidak peduli apa, tidak peduli kapan, tidak peduli di mana, Super Junior selalu 13″. Dan hanya karena kalimat ini, aku membayangkan kalau Kibum hyung selalu di sana, di panggung, menyanyi dan menari bersama kita. Jangan bertanya siapa yang mengatakan ini, lagi-lagi dia adalah orang yang sangat kurindukan, bernama Hankyung. Ditambah lagi, Hankyung, Siwon, Donghae, Ryeowook, dan Kyuhyun ditempatkan dalam satu sub grup Super Junior M bersama dengan Zhoumi dan Henry di bawah pimpinan Hankyung.
Sama seperti Super Junior, leader Teukie hyung selalu berteriak “우리는 슈퍼 주니어-예요~~ (urineun Syupeo Junieo-yeyo~~)” (kami adalah Super Junior~~). Dan untuk Super Junior M juga sama, kamu sebagai leader selalu memperkenalkan kita (Super Junior M) dengan “大 家好,我们是 Super Junior M~~” (hai semua, kami adalah Super Junior M~~). Aku sangat merindukan teriakan ini. Ngomong-ngomong apa kamu tahu, kamu adalah salah satu lead dancer grup? Kamu tahu apa yang terjadi saat kamu pergi? Aku menggantikan posisimu untuk break dance, itu sangat sulit untukku. Aku selalu menyakiti diriku setiap saat latihan. Ini sangat berbeda ketika tidak melihat sesi break dance (dancenya Hankyung). Aku rindu gerakan dancemu, aku rindu kamu MJ (Michael Jackson) tribute, dan aku sangat merindukan ucapanmu yang tidak jelas ketika berbicara dengan bahasa Korea.
Aku tidak bisa menulis lagi, tanganku gemetaran sekarang, tulisanku menjadi semakin jelek. Aku harap kamu mengerti dan tidak bertanya mengapa surat ini terlihat seperti memiliki bercak air. Itu adalah air mataku, aku menangis selama menulis surat ini. Setiap momen bersamamu muncul di hadapanku seperti sebuah kenyataan. Baiklah, sepertinya harus dihentikan sekarang (kyu udah ga sanggup nulis lagi). Aku punya satu lagi kalimat yang harus kukatakan sebelum mengucapkan selamat tinggal padamu. Hankyung hyung, selalu ingatlah kalau kita adalah saudara, mulai dari Leeteuk sampai Kyuhyun. Sejak kita disebut sebagai anggota dari Super Junior, hanya dengan kata ‘Super Junior’ sudah cukup untuk memperkenalkan diri kita. Kamu akan selalu menjadi bagian dari Super Junior dan tidak akan pernah terlupakan dari Super Junior. Tidak peduli apa keputusanmu, tidak peduli apa yang akan kau lakukan, kami akan selalu mensupportmu dengan cinta dari 12 hati kami.
Aku merasa kamu selalu disampingku meskipun kita terpisah jauh. Hanya karena “SUPER JUNIOR IS ONE” semoga beruntung dan jaga dirimu baik-baik!
Your Lovely Maknae Kyu!
-End-
kayanya kyu kangen banget sama hangeng ya.. terus waktu kyu nulis tentang album kedua, dia juga nulisin tentang kecelakaan taun 2007. ‘Aku hampir menyerah, aku hampir menyerah dan pergi menjauh’ hiks kata2 ini bikin mewek :’( yang dimaksud kyu pergi menjauh kan kalo dia ngerasa udah hampir meninggal, tapi ada hyung2nya yang nyemangatin dia, jadi dia berusaha bertahan.
chingu apa kalian juga nangis ngebacanya?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar